Kamis, 01 Juli 2010

Berjiwa Besar [SKDAG150]

Berjiwa besar berarti tidak membiarkan diri dikuasai rasa benci dan permusuhan, mampu memaafkan dan tetap tegar dalam kesulitan. Mari besarkan jiwa dan rendahkan hati!

Kalau bertubuh besar, kita dapat melihat bentuknya secara nyata, tetapi bagaimana dengan berjiwa besar? Jiwa itu mencakup pikiran, perasaan, dan kehendak yang ada dalam diri kita. Semua hal inilah yang mengendalikan seluruh tubuh dan tindak tanduk kita. Dengan mampu mengendalikan jiwa maka kita pun akan menjadi manusia yang luar biasa dan disenangi orang lain.

Untuk memiliki jiwa yang besar, maka kita harus membuang pikiran negatif, perasaan negatif, dan kehendak negatif yang membuat kecil jiwa kita. Hilangkan rasa benci, iri, dengki, kuatir, serta permusuhan, dan isilah dengan rasa memaafkan, ucapan syukur, selalu bersukacita. Ketika menghadapi masa-masa sukar kita pun tetap tegar, tidak membiarkan diri kita hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.

Dengan memiliki jiwa besar, maka otomatis kita pun menjadi rendah hati, tidak sombong lagi. Dan jangan lupa juga untuk mengecilkan tubuh agar lebih sehat dan energik. Marilah kita miliki jiwa yang besar!

Tidak ada komentar: