Selasa, 13 Juli 2010

Lakukan yang Anda Yakini Benar! [SKDAG594]

Apapun pendapat orang terhadap Anda, entah mereka mengkritik

ataupun memuji, lakukanlah hal-hal yang Anda yakini benar (Phytagoras).

Banyak orang yang bersifat ekstrovert, yaitu yang tidak dapat menentukan atau membuat keputusan sendiri; ia lebih banyak tergantunga pada orang lain dan selalu meminta pendapat mereka. Sebaliknya orang introvert, memiliki keyakinan diri dan sangat tergantung pada diri sendiri. Ia melakukan yang dia ingini tanpa mempedulikan pendapat orang lain.

Manakah yang lebih baik ekstrovert atau introvert? Tentu saja bukan ke dua titik ekstrim tersebut, tetapi sangat baik bila ada keseimbangan antara keduanya. Bila ada orang lain yang mengkritik kita, artinya memberi masukan yang negatif, ataupun yang memuji, dalam arti memberikan hal yang positif, maka kita perlu berhati-hati dan harus mampu mengendalikan emosi. Janganlah marah bila ada yang mengkritik dan janganlah terlalu bahagia sehingga menjadi sombong bila ada yang memuji!

Kita perlu mengendalikan diri dan mengevaluasi kritikan atau pujian tersebut. Bila ada hal-hal yang benar marilah kita ambil untuk memperbaiki diri kita. Tetapi bila kita nilai kritikan atau pujian tersebut tidak ada manfaatnya, maka tetaplah kita melakukan hal-hal yang telah kita yakini benar. Jangan takut, majulah dengan keyakinan kita sendiri!

Tidak ada komentar: