Sabtu, 03 Juli 2010

Nilai Manusia [SKDAG589]

Ingat ‘siapa’ yang kita miliki itu lebih berharga daripada ‘apa’ yang kita punyai. Jadi perbanyaklah teman, kurangi musuh.

Manusia sebagai suatu ciptaan Tuhan yang terbaik, jelas lebih berharga dibandingkan dengan benda apa pun di dunia ini. Manusia memiliki otak luar biasa yang mampu untuk mengingat, menyelesaikan masalah, serta menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif. Selain itu manusia juga memiliki hati atau budi yang memungkinkan manusia untuk mengasihi, membedakan yang baik dengan yang buruk, serta menentukan yang benar di antara yang salah.

Otak dan hati ini merupakan dua kelebihan manusia yang tiada taranya, tidak ada mahluk lain di dunia ini yang memiliki keduanya seperti manusia. Otak, apalagi hati, tidak juga dapat dibandingkan dengan benda apapun. Jadi jelas manusia jauh lebih berharga dibandingkan dengan apa pun yang ada di dunia. Karena itu kasihilah manusia, yang sangat bernilai itu, dan milikilah mereka dengan cara menjadikan mereka sebagai teman kita.

Kita juga perlu menyadari bahwa manusia itu bersifat unik, tidak ada dua manusia yang sama di dunia ini, sekalipun ia kembar identik. Setiap individu memiliki keunggulan masing-masing. Karena itu kita perlu mencari teman sebanyak-banyaknya, sehingga kita dapat mengenali dan mempelajari berbagai keunggulan dari teman-teman kita. Dengan memiliki banyak teman, maka kita memiliki suatu jaringan yang sangat berguna bagi peningkatan kualitas diri kita. Di sisi lain, kita pun hendaknya tidak memiliki satu musuh pun, karena hal ini sangat merugikan dan juga membahayakan bagi perkembangan dan pertumbuhan diri kita.

Tidak ada komentar: