Jumat, 23 Juli 2010

Bertobatlah! [SKDAG598]

Bertobatlah atas perbuatan salah, terutama yang telah direncanakan.
Ingat TAUBAT berarti Tidak Akan Ulangi perBuatan yg Terkutuk/Tercela, yang menunjukkan penyesalan (DAG)


Salah satu keuntungan kita sebagai manusia adalah masih diberi kesempatan oleh Allah untuk melakukan pertobatan atas setiap kesalahan yang telah kita perbuat. Allah kita adalah Allah yang setia dan penuh kasih, Dia bersedia menerima kembali umat-Nya yang sudah kotor sekalipun. Bagi Dia walaupun diri kita penuh dosa sehingga berwarna merah seperti kain kesumba, dapat diubahNya menjadi suci dan putih kembali seperti bulu domba.

Pengampunan diberikan Allah kepada umat-Nya yang sungguh-sungguh menyesali kesalahaannya dan dari pihak manusia pun perlu adanya penyesalan dan tekad atau komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi, sehingga TAUBAT dapat dianggap sebagai singkatan dari Tidak Akan Ulangi perBuAtan yang Terkutuk/Tercela.

Kesalahan yang kita perbuat dapat dibedakan menjadi kesalahan yang tidak disengaja, terjadi karena kelemahan kita sebagai manusia yang tidak dapat mengatasi godaan, dan kesalahan yang telah kita rencanakan untuk kita lakukan. Misalnya bila kita karena ingin balas dendam, maka kita merencanakan untuk memukul orang itu, maka ini termasuk kesalahan yang direncanakan, sedangkan bila kita memukul karena adanya suatu ancaman merupakan dosa yang tidak kita sengaja, walaupun jelas memukul tetap merupakan suatu kesalahan.

Marilah kita bertobat atas segala kesalahan yang telah kita perbuat dan tidak merencanakan hal-hal yang jahat dalam pikiran kita. Amin.

Tidak ada komentar: