Kamis, 08 Juli 2010

Ciri Sukses [SKDAG153]

Ada 8 ciri sukses: bahagia, sehat, cukup makmur, merasa aman, punya banyak teman, pikiran damai, hubungan keluarga baik, punya harapan bahwa semua akan pulih (Zig Ziglar).

Banyak orang yang menilai kesuksesan hanya dari kemakmuran atau harta yang dimilikinya. Tetapi bila kita memiliki banyak harta tetapi tidak ada waktu untuk menikmatinya, badan kita tidak sehat, pikiran tidak bahagia dan aman, maka apa yang akan terjadi? Harta tersebut pasti mubazir, tidak dapat kita nikmati dengan sepenuhnya.

Sukses juga bukan suatu tujuan, tetapi proses, karena itu nikmatilah kesuksesan yang anda peroleh setiap saat. Hal ini seperti kita sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung, jangan menunggu sampai ke Bandung baru kita menikmati pemandangan dan kuliner disana, tetapi nikmati juga perjalanan selama kita menuju ke Bandung; jadi nikmati pemandangan dan kuliner di Bogor, Puncak, dan Cianjur.

Zig Ziglar merumuskan ada delapan faktor yang menunjukkan ciri kesuksesan; yang utama adalah kebahagiaan yang kita rasakan. Bila hal yang kita peroleh tidak menimbulkan kebahagiaan, maka hal itu bukanlah kesuksesan. Yang kedua adalah kesehatan, yang sangat penting agar kita dapat menikmati kesuksesan yang telah kita raih. Kemakmuran merupakan ciri ke tiga, tetapi Ziglar merumuskannya sebagai “cukup makmur”. Perasaan aman merupakan ciri ke empat yang dibutuhkan untuk menikmati kesuksesan.

Relasi dengan teman merupakan ciri ke lima, kemudian pikiran yang damai sebagai ciri ke enam, lalu memiliki hubungan keluarga yang baik merupakan ciri ke tujuh. Jadi kesuksesan itu tidak bersifat pribadi tetapi perlu dinikmati bersama teman (ciri ke lima) dan keluarga (ciri ke tujuh). Ciri terakhir tidak kalah penting, yaitu selalu memiliki harapan atas setiap persoalan yang kita hadapi. Harapan inilah yang membuat kita menjadi tetap hidup, dan berusaha untuk bangkit dan pulih kembali. Sudahkan kita memiliki ciri-ciri kesuksesan tersebut?

Tidak ada komentar: