Minggu, 11 Juli 2010

Selalu Beri yang Terbaik! [SKDAG155]

Semua yang telah kita bangun, dapat dihancurkan orang dalam semalam. Walau begitu teruslah membangun. Walau tidak cukup, berikan milikmu yang terbaik pada dunia (Ibu Theresa).

Ibu Theresa memang suatu teladan yang luar biasa buat kita semua. Sebagai seorang biarawati Katolik yang lahir di Republik Kosovo, ia melayani di India, yang sebagian besar penduduknya beragama Hindu. Ibu Theresa jelas melayani mereka bukan untuk mencari nama baik, pangkat, agama, apalagi kekayaan. Semua dia lakukan dengan kasih untuk membantu siapa saja dengan tindakan nyata untuk membebaskan mereka dari penderitaan, baik berupa penyakit, kemiskinan, penderitaan, dan lain-lain.

Dalam melakukan tugasnya jelas ia mendapat perlawanan dari berbagai pihak, tetapi ia tidak pernah patah semangat. Ia telah melakukan berbagai hal dengan seluruh usaha, air mata, bahkan mungkin juga darahnya, tetapi seringkali semua itu dihancurkan oleh berbagai pihak yang tidak menyukainya dalam sekejap mata. Yang menakjubkan, ia tidak pernah putus asa, tetapi bangkit kembali dan membangun kembali berbagai hal yang telah dihancurkan tersebut. Fokus ibu Teresa adalah memberikan yang terbaik pada dunia tanpa memandang bulu dan bukan untuk kepentingan pribadi, agama, atau pun suku bangsanya sendiri.

Semua yang telah kita bangun bertahun-tahun, baik berupa usaha, reputasi, dan lain-lain, mungkin dihancurkan seseorang dalam semalam. Walaupun begitu marilah kita ikuti teladan ibu Theresa, jangan berputus asa, bangkit kembali, dan tetap berkarya demi orang banyak.

Tidak ada komentar: