Minggu, 28 Maret 2010

Peningkatan, bukan Besar Pencapaian [SKDAG543]

Keberhasilan hidup tidak diukur oleh seberapa besar pencapaianmu, tetapi seberapa besar perbedaan dari sebelumnya yang telah kau hasilkan (Mother Theresa).


Ada dua hal yang menjadi dasar penilaian prestasi, yaitu hasil akhir yang dicapai atau proses yang telah dilakukan. Bila hasil akhir yang dilihat, maka kita tidak tahu apakah hasil ini mengalami peningkatan atau tidak dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Jadi bila hasil sebelumnya sembilan dan sekarang juga sembilan, maka sebenarnya tidak ada peningkatan prestasi. Prestasi meningkat bila sekarang kita mendapatkan nilai lebih dari sembilan.

Nah hal inilah yang diutarakan Ibu Theresa, bahwa keberhasilan hidup perlu dinilai dari peningkatan yang telah kita hasilkan. Jadi dalam kehidupan ini kita perlu untuk terus belajar dan melakukan peningkatan diri terus menerus, sehingga kualitas hidup kita pun selalu mengalami peningkatan. Selain itu fisik kita juga perlu ditingkatkan juga, misalnya kesehatan, kebugaran, dan daya tahan. Tetapi fisik jelas mengalami keterbatasan dengan bertambahnya usia.

Di sisi lain, kualitas hidup juga mengalami peningkatan bila kita mampu meningkatkan kehidupan rohani kita, misalnya daya tahan saat mengalami musibah, kemampuan untuk bersyukur, mengasihi orang lain, kemampuan untuk tetap bersukacita, iman terhadap Tuhan dan lain-lain. Hal ini tentu saja lebih penting daripada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan! Marilah kita meningkatkan kualitas kehidupan kita setiap saat!

Tidak ada komentar: