Selasa, 23 Maret 2010

Belajar Sepanjang Masa [SKDAG540]

Usia boleh tua, tetapi semangat muda. Pada usia tua, teruslah belajar dan belajar agar kondisi tetap aktual sehingga dapat tetap dipercaya karena memiliki kemampuan.

Pertambahan usia merupakan suatu hal alami yang dialami setiap manusia pada setiap saat. Dengan bertambahnya usia, manusia mengalami berbagai perubahan; semakin tua ia semakin berpengalaman, semakin bijak, tetapi secara fisik ia juga menjadi semakin lemah, wajah semakin berkeriput, dan lain-lain.

Kita tidak dapat melawan usia, tetapi jalanilah hidup ini dengan bersemangat untuk terus belajar, agar kita tidak ketinggalan jaman. Banyak orang tua yang mengatakan bahwa otaknya sudah penuh; hal ini tidak benar karena otak kita memiliki kapasitas yang luar biasa besar (hampir tidak terbatas) dan saat ini pun kita baru menggunakannya hanya sekitar 10%. Yang benar adalah tubuh kita yang semakin lemah, sehingga bila waktu muda dapa membaca buku selama dua jam non stop, maka kini setelah membaca 30 menit pun, mata kita mulai mengantuk.

Jadi marilah terus meningkatkan diri terus menerus tanpa mengenal usia, karena hal inilah yang menunjukkan kompetensi diri kita secara pribadi; hal inilah yang membuat kita semakin dipercaya orang lain. Meningkatkan diri bukan hanya dari segi ketrampilan dan pengetahuan, tetapi juga dari sisi sikap dan kepribadian. Seharusnya dengan menjadi semakin tua, kita menjadi semakin bijaksana, sabar, dan tidak emosional. Amin …

Tidak ada komentar: