Senin, 29 Maret 2010

Efisien dan Efektif [SKDAG109]

Membunuh nyamuk dengan bom merupakan pekerjaan yang tidak efisien tetapi efektif efektif. Efisien bukan hanya melakukan penghematan, tetapi bagaimana kita menggunakan sumber daya dengan tepat, sedangkan efektif berati tepat sasaran atau sasaran tercapai.


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah efisien, efektif, dan produktif, tetapi dalam penggunaannya seringkali kita tertukar satu sama lain. Efektif berkaitan dengan output atau hasil, sedangkan efisien berkaitan dengan input. Suatu pekerjaaan dikatakan efektif bila sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Dalam kasus membunuh nyamuk dengan bom, maka nyamuknya pasti mati, bahkan rumah pun hancur. Jadi pekerjaan ini jelas efektif.


Efisien berarti penggunaan sumber daya secara tepat, jadi bukan hanya penghematan yang berkaitan dengan uang dan waktu. Penggunaan bom untuk membunuh nyamuk jelas suatu pemborosan, dan bom fungsinya memang bukan untuk membunuh nyamuk; jadi penggunaan bom dalam hal ini adalah tidak tepat, berarti pekerjaan tersebut tidak efisien.


Sedangkan produktivitas, secara sederhana, adalah perbandingan antara output dengan input. Produktivitas meningkat bila output meningkat (dengan input tetap) atau input dapat ditekan (dengan output tetap) atau keduanya terjadi secara bersamaan. Tugas kita lah dalam melakukan pekerjaan perlu bersifat efisien, efektif, dan akibatnya tentu saja menjadi produktif.


Dalam relasi dengan Tuhan, kita jelas tidak boleh efisien, tetapi mengutamakan efektivitas agar hubungan kita denganNya dapat terwujud dengan baik. Amin.

Tidak ada komentar: