Minggu, 14 Maret 2010

Mencapai Peningkatan [SKDAG104]

Agar sekarang lebih baik daripada masa lalu, maka
- pelajari yang telah terjadi pada masa lalu,
- lakukan hal berbeda sekarang,
- rencanakan masa depan sesuai keinginanmu.


Salah satu prinsip Total Quality Management (TQM) adalah ‘continuous improvement’, yang menunjukkan bahwa kita harus terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Saya pada hari ini harus lebih baik dari saya saat kemarin dan saya pada esok hari harus lebih baik daripada saya saat sekarang.

Agar kita mengalami peningkatan, maka paling sedikit ada tiga hal yang perlu kita lakukan. Pertama, kita perlu mempelajari kesuksesan dan kegagalan yang telah kita alami pada masa lalu. Ambil hikmah dari semua peristiwa tersebut; telitilah apa faktor keberhasilan saat anda mengalami kesuksesan dan juga pelajari hal-hal yang menyebabkan kita gagal. Gunakan dan tingkatkan faktor keberhasilan yang ada pada diri kita dan atasi faktor kegagalan yang masih ada sampai saat ini.

Kedua, untuk mengalami peningkatan kita tidak boleh puas dengan hasil yang telah kita capai saat ini. Untuk itu kita perlu melakukan yang lebih baik, karena itu dengan kreativitas cobalah cari cara baru yang berbeda untuk melakukan hal yang sama serta cobalah melakukan berbagai hal baru yang membuat kita menjadi lebih baik lagi.

Ketiga, kita perlu menentukan target yang akan kita capai pada masa depan; untuk itu buatlah rencana terbaik sesuai dengan kemampuan dan usaha yang telah kita lakukan secara optimal.

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, maka besar harapan kita memperoleh peningkatan dalam berbagai hal, misalnya peningkatan diri dari segi pengetahuan, disiplin, dan lain-lain, lalu peningkatan prestasi perusahaan, serta peningkatan karir. Amin ...

Tidak ada komentar: