Sabtu, 13 Maret 2010

Keberhasilan dan Kegagalan [SKDAG103]

Keberhasilan tidak pernah berakhir. Kegagalan bukan sesuatu yang fatal, tetapi keberanian untuk memperbaikinya merupakan hal yang luar biasa (Winston Churchill).

Keberhasilan dan kegagalan pasti sering kita alami dalam kehidupan kita masing-masing. Tidak ada orang yang selamanya berhasil dan tidak ada orang juga yang terus menerus mengalami kegagalan. Tentu saja ukuran keberhasilan dan kegagalan setiap orang pun berbeda, karena itu jangan membandingkan prestasi kita dengan prestasi orang lain,yang penting hasil kita hari ini lebih baik dari kemarin, dan kita terus berusaha agar hasil hari esok lebih baik daripada hasil hari ini.

Keberhasilan memang lebih menyenangkan dibandingkan dengan kegagalan. Tetapi diantara keduanya ada persamaan, yaitu keduanya sudah terjadi pada masa lalu, sedangkan kehidupan kita terus berjalan ke masa depan. Karena itu kita tidak perlu terus menerus terbuai oleh keberhasilan dan jangan terbebani terus oleh kegagalan pada masa lalu. Keduanya hendaknya menjadi pelajaran dan masukan bagi kita untuk melangkah ke masa depan. Ambillah makna positip dari keduanya; cari faktor-faktor positif yang menyebabkan keberhasilan kita pada masa lalu, dan kembangkan faktor-faktor ini. Kemudian cari juga faktor-faktor negatif penyebab kegagalan, selanjutnya kita hindari faktor-faktor negatif tersebut.

Bila sekarang kita mengalami kegagalan, maka setelah mengetahui penyebabnya marilah kita bangkit dan memperbaiki hal-hal yang salah sehingga kita dapat menatap masa depan dengan optimis. Ingatlah prinsip bahwa ‘kegagalan itu hanyalah sukses yang tertunda’!

Tidak ada komentar: