Rabu, 24 Maret 2010

Guru yang Baik [SKDAG541]

Guru yang baik tidak sekedar mengetahui tentang sesuatu, tetapi mengetahui juga cara mempraktekkannya serta mengetahui manfaatnya (Noel Coward).


Guru jelas memiliki kelebihan dibandingkan dengan muridnya; ia harus mengetahui bidang yang diajarkannya. Tetapi hal ini barulah salah satu syarat, masih ada dua syarat lainny. Guru yang baik perlu juga mengetahui cara mempraktekkan ilmu atau pengetahuan tersebut, kemudian guru itu juga perlu mengetahui manfaatnya. Bila tidak dapat mempraktekkan dan tidak mengetahui manfaatnya, maka jelas ilmu atau pengetahuan yang diajarkannya menjadi sia-sia.


Jadi untuk menjadi guru tidak cukup bila hanya sekedar tahu akan bidang yang diajarkannya; ia harus mengetahuinya secara mendalam, bila perlu ia merupakan pakar dalam bidang tersebut. Guru perlu terus belajar dan selalu meningkatkan diri, terutama dalam bidang ilmu yang ditanganinya.


Untuk memotivasi murid, guru perlu menjelaskan manfaat dari materi yang diajarkannya serta mampu memberikan contoh-contoh materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari atau dalam praktek nyatanya.


Perlu diketahui, bahwa guru bukan hanya pengajar resmi di sekolah, tetapi kita semua adalah guru bagi orang-orang di sekitar kita, baik anak, keluarga, bawahan, maupun atasan di tempat kerja. Karena itu kita perlu mengetahui hal yang akan kita ajarkan, mampu mempraktekkannya, serta mengetahui manfaatnya. Marilah kita menjadi guru yang baik …

Tidak ada komentar: