Selasa, 16 Maret 2010

Jangan terancam jika ada orang yang lebih pintar/berbakat, tetapi jangan juga merasa lebih hebat/unggul. Yang penting buka diri dan belajarlah dari semua orang!

Keberhasilan kita ditentukan oleh dua hal yaitu kehendak Allah dan kemauan dari diri kita sendiri. Janganlah terlalu tergantung pada orang lain; memang kita tidak bebas dari keberadaan orang lain, tetapi hendaklah semuanya ditanggapi secara positif dan proporsional.

Bila ada orang yang (kelihatannya) lebih pintar, lebih hebat, atau lebih berbakat daripada diri kita sendiri, maka janganlah kita menjadi terancam sehingga mengambil tindakan negatif terhadap orang tersebut. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita jelas menjadi bersalah dan melakukan tindakan yang tidak tepat; kita cemburu dan iri hati terhadap orang itu. Tetapi ingatlah ... bahwa setiap orang itu unik, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi kita tidak perlu merasa terancam, yang penting kita jangan cepat berpuas diri tetapi teruslah belajar dan mengembangkan diri agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi bila ada orang yang lebih hebat, jadikanlah Ia teladan bagi kita, dan kita berusaha untuk meningkatkan diri.

Di sisi lain, kita pun tidak boleh menjadi tinggi hati dan merasa bahwa saya lah yang paling unggul atau paling hebat. Kesombongan akan membuat kita lupa diri dan berpuas hanya pada berbagai hal yang telah kita capai saat ini, padahal sesungguhnya kita perlu terus berkembang untuk meraih berbagai keberhasilan yang baru.

Tidak ada komentar: