Minggu, 21 Maret 2010

Cintailah Pekerjaanmu! [SKDAG106]

Bosan dengan pekerjaan sekarang? Katakan pada dirimu bahwa kamu menyukai pekerjaanmu, maka pekerjaan tersebut akan menjadi menyenangkan, tidak lagi menjemukan. Ubahlah dirimu, maka pekerjaanmu akan tampak berbeda.

Manusia itu selalu ingin mencari suasana yang baru; bila ia melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang sama selama sekian tahun, maka ia mulai merasa bosan dan merasa tidak menyukai lagi hal tersebut. Pekerjaan atau tugas tersebut menjadi menjemukan dan tidak menyenangkan lagi.

Sebenarnya yang perlu diubah bukan pekerjaannya, tetapi persepsi kita mengenai pekerjaan tersebut. Bila kita mencintai pekerjaan yang kita lakukan maka semuanya menjadi menyenangkan. Jadi yang perlu diubah ada diri kita sendiri; bila kita berubah maka pekerjaan yang sama akan kita lihat dengan sudut pandang berbeda.

Pada pagi hari waktu bangun tidur atau waktu berangkat ke tempat kerja, katakanlah pada diri sendiri kata-kata positif mengenai pekerjaan tersebut. Misalnya “Saya bekerja untuk membuat produk yang menyenangkan konsumen”, “Saya bertugas di panitia pemilihan RT, sebagai wujud tanggung jawab dan kasih saya pada masyarakat”, “Saya bahagia berangkat ke tempat kerja untuk menghadapi berbagai tantangan yang membuat saya menjadi lebih maju”.

Semua menjadi menyenangkan bila kita memiliki prinsip : “Do what you love and love what yu do”. Amin ...

Tidak ada komentar: