Senin, 11 Oktober 2010

Sakit Fisik, Jiwa dan Roh [SKDAG195]

Bakteri, kuman membuat sakit fisik.
Pikiran negatif, stres membuat sakit jiwa.
Kuasa lain membuat sakit roh.
Hanya Allah yg mampu membebaskan kita dari semuanya.

Sakit yang diderita manusia bukan hanya pada fisik saja, tetap juga dapat juga pada jiwa, bahkan roh. Sakit fisik atau tubuh kita terjadi karena berbagai hal, misalnya kecapaian, makanan, bakteri, atau kuman. Pada umumnya penyakit fisik dapat diatasi dengan beristirahat, minum obat, atau dalam kondisi tertentu dengan operasi.

Penyakit jiwa terjadi bila pikiran kita terganggu karena memikirkan terus suatu hal yang negatif atau stress. Agar tidak menderita sakit jiwa maka lepaskanlah pikiran kita dari berbagai beban, terutama hal-hal yang negatif. Tanggapilah segala masalah dengan senyum, bersyukurlah dalam segala hal, maka jiwa dan pikiran kita pun menjadi tenang. Untuk mengobati penyakit jiwa lebih banyak tergantung pada diri kita sendiri, obat-obatan atau nasehat dari psikolog hanyalah alat bantu.

Yang lebih parah, tetapi mungkin juga banyak dilakukan orang, adalah sakit roh. Hal ini terjadi bila roh kita tidak percaya atau menduakan Tuhan yang maha kuasa, misalnya dengan datang ke dukun, tempat keramat, misalnya Gunung Kawi dll. Saat itu kuasa setan bekerja mempengaruhi roh kita sehingga iman dan kepercayaan kepada Tuhan menjadi goyah. Jelas untuk mengobati penyakit roh lebih sulit daripada mengobati penyakit lainnya. Untuk itu kita perlu mengalami pertobatan dan datang kembali dengan sepenuh hati ke hadirat Tuhan, karena hanya Dia lah yang mampu mengatasi semuanya. Amin ...

Tidak ada komentar: