Rabu, 13 Oktober 2010

Hal Tidak Terbatas [SKDAG636]

Dua hal yang tidak terbatas adalah alam semesta dan kebodohan manusia, tetapi mengenai alam semesta, saya masih ragu-ragu (Albert Einstein)

Alam semesta memang luas sekali, bumi berada di galaksi Bima Sakti, yang ternyata mengandung milyaran bintang, dan di alam semesta terdapat milyaran galaksi lainnya. Jadi sungguh tidak dapat dibayangkan luasnya alam semesta ini. Walaupun de
mikian Einstein sendiri sebenarnya meragukan bahwa alam semesta itu tidak terbatas; menurutnya walaupun begitu luas pasti ada batasnya.

Hal lain yang tidak terbatas menurut Einstein adalah kebodohan manusia dan hal ini diyakininya memang tidak terbatas. Saat kita menerima hidup berkelimpahan hal yang positif, ternyata seringkali manusia tetap memilih yang negatif. Hal ini terjadi sejak manusia pertama, Adam dan Hawa, yang walaupun sudah hidup tanpa kekurangan di Taman Eden, tetapi ternyata mereka tetapi tertipu oleh si setan karena nafsu dan keserakahan yang ada dalam diri mereka. Hal yang sama pun sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari, karena nafsu dan emosi seringkali kita melakukan berbagai hal yang tidak benar. Dan hal itu jelas menunjukkan kebodohan manusia, yang memang sulit dihilangkan dan mungkin berulang kembali. Hal inilah yang menunjukkan bahwa kebodohan manusia itu memang tidak terbatas.

Nah sekarang marilah secara pribadi kita berubah agar menjadi manusia yang memiliki akal sehat sehingga tidak mengulangi kebodohan-kebodohan yang telah kita lakukan. Bersama Allah maka semuanya dapat terwujud, asalkan kita sendiri pun mau berubah. Amin …

Tidak ada komentar: