Sabtu, 23 Oktober 2010

Pertobatan [SKDAG640]

Pertobatan artinya berbalik arah dari gelap ke terang. Bila kita selalu melihat ke terang maka segala yang negatif (gelap) ada di belakang dan perlu kita lupakan.

Taubat merupakan singkatan dari Tidak Akan Ulangi perBuAtan Terkutuk atau Tercela. Jadi dalam suatu pertobatan murni sudah terkandung janji untuk tidak mengulanginya lagi. Bertobat bukan berarti saat ini menyesali perbuatan tersebut tetapi esok lusa melakukannya lagi; hal ini bukan tobat tetapi tomat, yaitu tobat dan kumat lagi.

Pertobatan berarti kita berbalik arah dari gelap ke terang, artinya meninggalkan perbuatan yang tidak baik dan sekarang beralih melakukan berbagai hal yang sesuai dengan perintah Tuhan. Proses berbalik arah ini pun harus 180o, yaitu metanoia, bukan 90o atau berapa pun, apalagi 360 o. Bila Cuma berbalik arah 90o, artinya satu kaki masih di kehidupan lama, satu lagi di kehidupan baru, jadi belum bertobat total. Sedangkan bila berbalik arah 360 o, artinya kembali lagi ke kehidupan lama; percuma dong.

Setelah bertobat, maka sekarang kita menghadap ke terang, sehingga kita tidak akan melihat bayangan diri sendiri. Artinya sekarang kita tidak melihat kegelapan atau masa lalu yang negatif lagi; lupakan masa lalu yang kelam dan songsonglah masa depan yang penuh harapan.

Tidak ada komentar: