Sabtu, 02 Oktober 2010

Belajar dari Kesalahan [SKDAG190]

Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, asalkan ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya (Alexander Pope)

Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan dan kelemahan, maka semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Pada umumnya setelah melakukan kesalahan, kita tentu saja menyesalinya, dan menjadi malu, sehingga mungkin tidak berani bertemu dengan orang-orang yang terkait dengan kejadian tersebut.

Kita tahu bahwa berbuat salah merupakan suatu pengalaman yang mahal, karena telah menimbulkan berbagai kerugian, baik berupa waktu, uang, dan lain-lain. Untuk itu kita perlu belajar dari berbagai kesalahan yang telah kita lakukan, sehingga kita tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Ingat juga bahwa manusia itu bukan keledai yang dapat jatuh dua kali di tempat yang sama. Kesalahan perlu mengubah kita menjadi manusia yang lebih baik, artinya lebih dewasa dan lebih bijaksana.

Marilah kita menjadi manusia fleksibel yang tidak kaku, sehingga kita dapat terus belajar untuk memperbaiki diri. Prinsip yang harus kita pegang adalah ”Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok hari harus lebih baik dari sekarang”.

Tidak ada komentar: