Selasa, 12 Oktober 2010

Kepercayaan dan Tanggung Jawab Pribadi [SKDAG196]

Butuh waktu lama untuk membangun KEPERCAYAAN tetapi hanya butuh beberapa detik untuk mengHANCURkannya.
Lingkungan mempengaruhi pribadi kita tetapi kita harus bertanggung jawab atas semua tindakan kita.

Dalam dunia bisnis, untuk membangun brand image memang dibutuhkan waktu lama dan kita perlu mempertahankan reputasi, pelayanan, dan kepercayaan yang telah diberikan oleh para pelanggan. Bila ada kesalahan, sekecil apa pun, maka rusaklah brand image yang telah kita bangun dalam waktu lama tersebut.

Hal yang sama juga terjadi dalam hubungan antar pribadi dalam masyarakat. Kita membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, misalnya atasan, orang tua, atau guru. Tetapi sekali saja kita ingkar janji, maka hilanglah semua kepercayaan yang telah kita bangun itu. Jadi kepercayaan itu memang berharga sangat mahal dan mudah rusak, karena itu kita harus menjaganya dengan sungguh-sungguh. Sebelum bertindak sebaiknya kita berpikir ”nanti bagaimana” atau ”apa yang terjadi akibat tindakan saya ini?”.

Semua hal tersebut dapat dan mau dilakukan bila kita sadar bahwa tindakan menjaga kepercayaan tersebut harus dimulai dari dalam diri sendiri karena kita yang bertanggungjawab atas segala tindakan kita, bukan pihak luar. Lingkungan mempengaruhi kita, tetapi keputusan untuk berubah atau tidak ada pada diri kita sendiri.

Tidak ada komentar: