Jumat, 29 Oktober 2010

Apa itu Sukses? [SKDAG642]

Sukses adalah seberapa tinggi Anda bangkit setelah Anda jatuh. - George S. Patton
Sukses bukanlah hal yang magis atau misterius. - Jim Rohn

Sukses tidak dicapai secara instant, tetapi merupakan proses yang memakan waktu lama, disertai dengan jatuh bangung, serta melibatkan berbagai perasaan seperti kecewa, rasa capai dan putus asa, dan lain-lain. Memang tidak mudah untuk mencapai suatu kesuksesan, kita perlu memiliki goal yang menjadi tujuan dari segala proses yang kita lakukan. Misalnya seorang atlet berhasil menjadi juara setelah ia bermandi keringat untuk latihan dengan keras, mengorbankan kesenangan dan hobinya yang lain; hal ini dilakukan karena ia memiliki goal untuk meraih medali emas dan menjadi juara.

Seringkali kita jatuh saat berusaha untuk meraih kesuksesan, tetapi ingatlah bahwa hal tersebut memang merupakan bagian dari proses pembentukan yang harus kita jalani. Bila kita berhenti saat kita jatuh, maka kesuksesan pasti tidak akan kita raih. Saat terjatuh, kita harus bangkit dengan semangat baru untuk melakukannya dengan lebih baik. Jatuh … lalu bangkit lagi, demikian tanpa henti hal ini perlu kita lakukan terus menerus. Prinsipnya jangan pernah berputus asa!

Sukses tidak dapat dicapai hanya dengan membayangkannya saja, tetapi kita perlu action atau usaha untuk mewujudkannya; tanpa itu semuanya hanya mimpi. Hal ini diungkapkan oleh Jim Rohn, yang mengatakan bahwa “sukses bukanlah hal yang magis atau misterius”. Bila kita lihat, banyak orang yang menginginkan sukses dengan cara memotong kompas, ada yang datang ke dukun atau tempat keramat, dan ada juga yang menghalalkan segala cara, misalnya dengan memberi suap atau sogokan. Semua cara tersebut hanya memberikan kesuksesan maya yang bersifat sementara; malah setelah itu kita harus membayar berbagai akibatnya. Untuk meraih kesuksesan dibutuhkan proses, dan tidak dapat terjadi dalam sesaat.

Tidak ada komentar: