Senin, 18 Oktober 2010

Memelihara Kedamaian [SKDAG638]

Kedamaian tidak dapat dipelihara dengan menggunakan kekerasan; ia hanya dapat dicapai dengan pemahaman (Albert Einstein).

Kedamaian adalah saat tidak ada pertentangan antara ke dua belah pihak, semua dapat menghilangkan perbedaan dan hanya melihat kesamaan yang ada. Agar suasana damai ini dapat terpelihara maka kita perlu menjaganya.

Banyak orang yang menggunakan kekerasan unuk menjaga kedamaian, misalnya ada orang tua yang menjaga agar anak-anaknya tidak saling berkelahi, dengan memberi ancaman, bahwa mereka akan dikurung di gudang bila berkelahi. Pada awalnya ke dua anak tersebut tidak berkelahi karena mereka takut. Tetapi saat mereka mulai kesal lagi, maka mereka akan berkelahi lagi, bahkan pertengkaran tetap terjadi pada saat mereka dikurung di gudang pun.

Cara terbaik untuk menjaga kedamaian adalah dengan melakukan pemahaman antar pihak yang terkait. Dengan saling memahami maka segala macam perselisihan dapat diselesaikan dengan mudah. Keinginan dari kedua belah pihak untuk saling memahami, mengampuni, dan melupakan kejadian pada masa lampau merupakan suatu langkah maju ke depan untuk terus memelihara perdamaian.

Tidak ada komentar: