Selasa, 21 Desember 2010

Uciwa (Ulah Cicing Wae) [SKDAG665]

Perkataan menjelaskan pesan, sedangkan perbuatan membuat pesan itu bergaung di telinga banyak orang (Julie Ackerman Link).

Kita sudah sering mendengar istilah NATO (No Action Talk Only) atau omdo (omong doang), dan kini ada istilah baru yaitu uciwa, singkatan dari ‘ulah cicing wae’, yang dalam bahasa Sunda (bukan bahasa Jepang ya …) berarti jangan diam saja. Semua istilah di atas menunjukkan bahwa kita perlu bersikap konsisten, yaitu melakukan apa yang telah kita katakan.

Perkataan memang penting untuk menunjukkan tekad dan keinginan atau pesan yang ada di pikiran kita. Tetapi perkataan saja tidak cukup karena tidak memberikan hasil apa pun. Untuk mewujudkannya secara nyata kita perlu melakukan action atau tindakan, sehingga pesan yang kita sampaikan dengan kata-kata sekarang dapat dilihat orang hasilnya, dan memberikan kesan serta gaung yang lama. Misalnya bila Anda mengatakan :”Saya mengasihi Indonesia”, maka kita harus menerapkannya dalam berbagai hal, seperti membayar pajak sesuai aturan, membuat prestasi yang mengharumkan Indonesia, dan lain sebagainya.

Marilah kita sesuaikan ucapan dengan tindakan kita. Ingat uciwa, ulah cicing wae, cepat bergerak dan melakukan tindakan yang memberikan hasil positif!

Catatan:
Terimakasih pada rekan Jaya Budi Eman yang memperkenalkan istilah uciwa di beberapa milist

Tidak ada komentar: