Selasa, 07 Desember 2010

Manfaat Buku [SKDAG658]

Buku merupakan teman yang paling tenang dan setia, paling mudah dimiliki, paling bijaksana dan guru yang paling sabar (Charles W. Eliot).

Dalam hidup, kita hanya perlu “menang” atau “belajar”: bila belum menang berarti kita perlu terus belajar. Banyak sumber untuk kita belajar; secara resmi kita belajar di bangku sekolah atau kuliah, tetapi secara tidak resmi banyak tempat untuk kita belajar, yaitu dari masyarakat dan lingkungan tempat kita berada, dari orang lain yang lebih pakar dan berpengalaman, serta melalui berbagai sumber lainnya seperti buku, surat kabar, televisi, jaringan internet dan lain-lain.

Buku merupakan sumber belajar yang unik, karena ia merupakan guru yang paling tenang dan setia; siap mengajar kita saat dibutuhkan dan setia menanti saat kita memiliki kesibukan lain. Buku juga mudah dimiliki sehingga banyak orang dapat belajar bersama-sama darinya. Selain itu buku juga merupakan guru yang paling bijaksana dan paling sabar; ia tidak pernah marah pada saat kita malas membacanya atau melewati materi yang tidak penting atau sudah kita ketahui.

Kitalah sebagai pembaca yang perlu mengendalikan buku dengan baik. Membaca buku tidak perlu dari depan sampai belakang, tetapi setelah melihat daftar isi dan halaman-halaman buku secara cepat, maka kita telah mendapat gambaran mengenai isi buku tersebut. Berbagai hal yang ingin kita ketahui dan perdalam, silahkan kita buka dan baca dengan seksama, sedangkan bagian lain yang kita nilai tidak perlu dapat dilewati atau dilihat sekilas saja. Kitalah yang menentukan bagian mana yang perlu atau tidak untuk dibaca; jangan takut untuk melakukan hal ini.

Karena buku merupakan guru yang baik, maka jangan ragu juga untuk membagikannya kepada orang lain yang membutuhkan untuk belajar. Jadikan buku sebagai hadiah untuk teman-teman kita saat dia ulang tahun, sumbangkan juga buku yang sudah kita baca ke perpustakaan umum atau perpustakaan sekolah yang masih banyak membutuhkan bahan bacaan.

Tidak ada komentar: