Kamis, 02 Desember 2010

Belajar dari Kesalahan [SKDAG220]

Salah satu ciri kesuksesan adalah mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan, dan mencoba kembali dengan cara yang berbeda.

Banyak orang mengatakan bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Hal ini benar bila orang yang gagal tersebut mau belajar dari pengalamannya lalu mencari cara lain untuk mencapai keberahasilannya, tetapi bila ia tetap melakukan dengan cara yang sama tanpa perubahan sama sekali, maka ia hanya akan mengulangi kegagalannya.

Berbuat kesalahan itu manusiawi dan lumrah, tetapi bila melakukan hal salah berulang-ulang itu berarti ia hanya memiliki otak murahan. Setiap kesalahan yang telah kita perbuat, janganlah diulangi lagi; kita pelajari kesalahan yang terjadi, bagaimana menghindarinya, lalu mencoba kembali dengan cara yang berbeda. Dengan mengambil manfaat dari setiap kesalahan, maka kita akan meraih keberhasilan.

Marilah kita belajar dari Thomas Alva Edison (lihat foto di atas), penemu lampu pijar yang terkenal dan juga pemilik dari 1093 hak paten atas berbagai temuannya. Beliau mengatakan bahwa untuk membuat lampu pijar ia tidak langsung berhasil, tetapi terus melakukan berbagai percobaan dan belajar dari setiap kesalahan yang dia lakukan. Waktu seorang wartawan mengatakan “Kalau begitu, Anda ratusan kali mengalamai kegagalan ya”, Edison menjawab “Anda salah, saya tidak mengalami kegagalan, tetapi saya mengetahui cara yang salah untuk membuat lampu pijar, dan saya tidak mengulanginya kembali’.

Belajarlah dari kesalahan dan lakukan perubahan serta tindakan perbaikan untuk meraih kesuksesan. Amin …

Tidak ada komentar: