Minggu, 19 Desember 2010

Pilih dan Jadi yang Terbaik! [SKDAG664]

Kita tidak mungkin mendapatkan dan memiliki segala sesuatu. Itu sebabnya kita harus bijak dalam memilih agar yang kita miliki adalah yang terbaik bagi kita.

Saat kita pergi ke mall, maka pada bulan Desember ini banyak toko yang menawarkan “sales”; akibat promo yang terus menerus, maka kita memang tertarik untuk membeli banyak produk, tetapi ternyata isi dompet kita terbatas, sehingga jelas kita tidak dapat mewujudkan semua keinginan tersebut. Kita perlu bijaksana untuk melakukan pembelian, yaitu hanya barang-barang yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Demikian juga dalam hidup, banyak keinginan yang ingin kita raih, misalnya seorang anak mengatakan bahwa ia ingin menjadi pemain sepak bola profesional, bintang film action, presenter top, dan lain-lain. Jelas ia tidak dapat mewujudkan cita-citanya tersebut karena ia tidak fokus; paling-paling ia jadi pemain sepak bola tingkat RT atau pemain drama di sekolah. Hal ini karena ia tidak fokus mengembangkan bakatnya di suatu bidang tertentu; hasilnya adalah semua tercapai, tetapi pada tingkat kualitas yang biasa-biasa saja.

Jadi kalau kita ingin menjadi yang terbaik di suatu bidang tertentu, maka janganlah serakah untuk menjadi terbaik juga di bidang lain. Mungkin untuk beberapa orang hal ini dapat tercapai, misalnya Manny Pacquiao, petinju top Filipina, yang berhasil menjadi juara dunia di tujuh kelas yang berbeda (lihat http://id.wikipedia.org/wiki/Manny_Pacquiao). Di sisi lain petinju hebat Indonesia Christ John hanya menjadi juara dunia di kelas bulu WBA, tetapi ia berhasil mempertahankan gelar sebanyak 13 kali dan mendapat gelar super champion kelas bulu WBA. Hal ini karena Christ John dan team manajemennya fokus di satu kelas yang sesuai dengan potensi dan kekuatannya.

Yang perlu kita lakukan adalah memilih bidang tertentu yang sesuai dengan bakat dan minta kita, lalu fokus di bidang tersebut, terus belajar untuk menjadi yang terbaik. Tentu saja jangan lupa untuk terus berdoa mohon bimbingan Tuhan yang maha kuasa.

Tidak ada komentar: