Jumat, 03 Desember 2010

Memaknai Hidup [SKDAG656]


Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan.
Hidup untuk memberi bantuan, bukan hidup dari bantuan yang kita berikan (DAG).


Untuk hidup kita membutuhkan berbagai faktor pendukung, tetapi seringkali kita terlena untuk mengejar berbagai faktor pendukung tersebut dan melupakan tujuan utama dari hidup kita. Misalnya agar dapat hidup, memang kita butuh dan perlu makan; jadi kita makan untuk hidup, tetapi bukan hidup untuk makan, yang berarti semua kegiatan hidup kita digunakan hanya untuk mencari makan (yang enak).

Selain itu untuk hidup, kita juga butuh sehat; sehat untuk hidup, tetapi bukan hidup untuk sehat. Bila hidup untuk sehat, maka tujuan utama kehidupan adalah mencari dan menjaga kesehatan, sehingga pada saat kita sakit, maka dengan segala cara kita mencari kesehatan, misalnya dengan mendatangi berbagai dukun dan tempat keramat, serta tentu saja mengabaikan perintah-perintah Tuhan.

Jadi dalam menjalani kehidupan ini kita perlu menentukan dulu tujuan dari hidup kita masing-masing. Tujuan tersebut merupakan fokus yang perlu kita wujudkan dan lakukan dalam tindakan kita sehari-hari. Misalnya tujuan hidup kita adalah berguna bagi sesama, artinya kita siap untuk selalu memberi bantuan kepada sesama yang membutuhkan dengan ikhlas dan tidak memiliki pamrih apa pun atas semua bantuan yang kita berikan. Jadi hidup untuk memberi bantuan bukan hidup dari bantuan yang kita berikan.

Tidak ada komentar: