Jumat, 17 Desember 2010

Manfaatkan Potensi Anda! [SKDAG663]

Kerja keras tidak pernah membunuh siapa pun, tetapi terlalu banyak waktu luanglah yang sering mengakibatkan kematian. Lebih baik aus daripada berkarat (Anonim).

Manusia adalah mahluk yang luar biasa karena merupakan ciptaan Tuhan yang terbaik dan kita pun secitra dengan-Nya. Tuhan telah memberikan berbagai bakat, potensi, kemampuan, berkat, dan karunia kepada kita, tetapi kita yang sering mengabaikan dan tidak mau menggunakan semua hal tersebut. Kita takut untuk bekerja keras, lebih nikmat merasakan kemalasan dan kesantaian.

Jika kita ingin maju maka ada yang harus kita perjuangkan dalam hidup ini; kita perlu bekerja keras, dan tentu saja juga bekerja cerdas. Kerja keras tidak akan membuat kita mati, kecuali kalau kerja keras yang dipaksakan terus menerus tanpa melihat keterbatasan fisik kita. Kerja keras akan memberikan hasil positif bagi masa depan kita, tetapi bila kita tidak mau memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada diri kita, termasuk waktu luang, maka kitalah yang akan mati, artinya kita tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan lagi dalam hidup ini.

Pepatah mengatakan ‘lebih baik aus daripada berkarat’; pisau yang tidak dipakai akan berkarat, tetapi bila dipakai terus menerus maka ia perlu diasah terus menerus juga, sehingga ia akan habis tetapi meninggalkan manfaat yang luar biasa. Karena itu daripada layu sebelum berkembang, maka marilah kita bekerja keras untuk mengembangkan semua potensi yang kita miliki.

Tidak ada komentar: