Selasa, 14 Desember 2010

Jangan Mengandalkan Diri Sendiri [SKDAG661]

Sungguh membantu jika kita terus ingat bahwa kita tidak hidup dengan kekuatan dan kepandaian kita sendiri, tetapi juga dari pemberian tak ternilai yang dianugerahkan oleh alam (Kazuo Murakami Ph.D., ahli genetika).

Memang manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang terbaik, tetapi tetap saja manusia memiliki kekurangan dan kelemahan. Dengan menggunakan seluruh kepandaian, kekuatan, dan pengalaman kita pun, masih banyak masalah yang tidak dapat kita selesaikan. Kita butuh bantuan Tuhan yang maha kuasa, karena Dia-lah yang mampu menyelesaikan semua persoalan dan permasalahan.

Bantuan Tuhan itu ada di sekeliling kita, yang dinyatakan-Nya melalui orang lain atau melalui mahluk lain atau benda ciptaan-Nya yang berada di sekitar kita. Tuhan sudah menciptakan keserasian dan keseimbangan di dunia ini. Misalnya bau durian yang ada di mulut kita dapat dihilangkan dengan meminum air di dalam tempat bekas durian tersebut berada.

Segala penyakit-pun memiliki penangkalnya yang berasal dari alam, karena itu kita membutuhkan anugrah Tuhan yang luar biasa yang ada di alam ini. Gunakanlah seluruh kepandaian dan kemampuan kita untuk menggali berbagai hal baru dari alam, misalnya menemukan obat, sumber energi, atau menggunakan benda-benda dari alam untuk menciptakan teknologi baru.

Tidak ada komentar: