Minggu, 26 Desember 2010

Pentingnya Informasi [SKDAG233]

Ada resiko terperdaya jika kita terlalu percaya.
Tetapi ada juga resiko kita hidup dalam siksaan jika kita tidak cukup percaya.
Karena itu percayalah setelah ada informasi yang cukup.

Masa lalu dan masa sekarang telah kita ketahui, sehingga kita dapat belajar banyak dan mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat untuk melangkah ke masa depan yang mengandung ketidakpastian.

Masa depan memang penuh resiko, tetapi kita tidak dapat menunggu kepastian baru melakukan tindakan, karena hal ini membuat kita tertinggal selangkah dibandingkan orang lain. Tetapi sangat berbahaya juga bila kita membuat keputusan hanya karena terlalu percaya. Tingkat kepercayaan yang kita berikan mempengaruhi resiko yang kita hadapi, karena itu tingkat kepercayaan perlu kita kendalikan. Informasi tentang hal yang akan kita putuskan merupakan salah satu faktor untuk mengendalikan resiko yang mungkin terjadi. Misalnya bila Anda ingin berwirausaha, maka dibutuhkan berbagai informasi mengenai trend pasar, perilaku konsumen, kondisi pesaing, dan lain sebagainya. Pada era internet ini, informasi dapat kita peroleh melalui berbagai search engine, misalnya dengan menggunakan Google. Tetapi informasi yang telah kita peroleh perlu dilihat dulu keakuratannya, jadi jangan langsung kita percaya.

Bila tidak ada informasi lalu bagaimana? Nah ... bila memang kita mengandalkan insting dan petunjuk dari Tuhan yang keluar dari suara hati kita. Insting muncul kalau kita sudah berpengalaman sehingga dapat mengetahui berbagai hal kecil mengenai hal tersebut. Petunjuk dari Tuhan dapat kita dengar atau rasakan, bila kita memiliki relasi yang intim dengan-Nya, yaitu bila kita sering berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa-doa kita. Jadi marilah kita segera mendekatkan diri kepada Tuhan dan segera membina relasi pribadi dengan-Nya, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan-Nya secara efektif. Amin ...

Tidak ada komentar: