Selasa, 24 Mei 2011

Lebih Baik Gagal daripada Diam! [SKDAG294]

Yang membuat kita gagal bukanlah jatuh, melainkan tidak melakukan apa-apa. Bila kita sudah mencoba, maka kita belajar sesuatu, tetapi bila diam saja, tidak ada hasil.

Dalam melakukan sesuatu, seringkali kita mengalami kegagalan; hal ini merupakan suatu hal yang lumrah, karena kegagalan tersebut merupakan suatu proses belajar. Dalam hal ini yang penting kita tidak boleh menyerah, tetapi belajar lagi lalu melakukan kembali hal tersebut tentu saja dengan cara dan usaha yang berbeda. Jadi dalam menghadapi kegagalan pun kita perlu bersyukur karena ternyata selalu ada manfaat positif di balik kegagalan tersebut.

Kegagalan jauh lebih baik daripada tidak berani melakukan apa pun, karena bila kita tidak berani melakukan maka kita pasti gagal, tetapi bila kita mencoba masih ada kemungkinan untuk berhasil. Jadi janganlah pernah menyerah sebelum mencoba; lebih baik mencoba dan melakukannya daripada tidak melakukan apa pun.

Lebih baik lagi saat kita mencoba melakukannya, kita pun telah memiliki persiapan dan perencanaan yang matang. Hal ini tentu saja membuat kita tidak hanya asal mencoba, tetapi mencoba secara matang, sehingga kemungkinan untuk berhasil pun menjadi lebih meningkat.

Daripada diam lebih baik mencoba, tetapi mencoba perlu persiapan dan perencanaan yang matang. Dalam mencoba, kita tidak cukup hanya bermodalkan kenekadan, karena nekad hanya merupakan suatu perjudian. Jadi dalam mencoba kita pun tidak boleh membuang berbagai sumber daya sia-sia tetapi melakukannya dengan persiapan yang matang.

Tidak ada komentar: