Senin, 30 Mei 2011

Lakukan untuk Orang Lain Lebih Dahulu [SKDAG296]

Jika ingin bahagia, usahakan agar orang-orang lain juga bahagia (Russell).
Jika ingin dicintai seseorang, cintailah dia dan bersikaplah agar layak dicintai (Ben. Franklin)

Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri; kita membutuhkan dan dibutuhka oleh orang lain. Walaupun demikian seringkali kita terlalu egois, hanya mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan kepentingan orang lain. Padahal kita seharusnya mencintai sesama seperti kita mengasihi diri kita sendiri, bahkan seharusnya kita mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri kita sendiri.

Berdasarkan hal itu, bila kita ingin dihormati orang lain, maka kita pun perlu terlebih dahulu menghormatinya. Bila kita ingin bahagia, maka kita perlu membahagiakan orang lain terlebih dahulu, demikian juga bila kita ingin mencintai orang lain, maka kita pun perlu mencintai orang lain. Selain itu tentu saja kita pun perlu menjadi pribadi yang memang layak untuk dihormati, dibahagiakan dan dicintai.

Jadi kita perlu memperbaiki kualitas diri kita terlebih dahulu, dan setelah itu tidak lupa untuk melakukan yang terbaik bagi orang lain. Dengan melakukan dua hal ini, niscaya hidup kita menjadi lebih penuh dengan sukacita dan damai sejahtera.

Tidak ada komentar: