Kamis, 19 Mei 2011

Kualitas Manusia [SKDAG291]

Kualitas diri manusia tidak ditentukan oleh apa yang dimilikinya tetapi oleh apa yang telah dilakukannya bagi orang lain, bagi negara, bagi keluarga dan juga bagi diri sendiri.

Setiap orang tentu saja ingin menjadi manusia yang berkualitas, tetapi banyak orang yang tidak mengetahui caranya. Ada orang yang menonjolkan diri dengan memamerkan kekayaan yang dimilikinya, pangkat yang disandangnya, atau ilmu pengetahuan yang dikuasainya. Tentu saja semua itu baik dan berguna, tetapi percuma bila hanya digunakan untuk memenuhi keinginan diri sendiri.

Manusia berkualitas ditunjukkan oleh hasil yang telah dilakukannya bukan hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga, orang lain, negara, dan mungkin juga untuk kebutuhan seluruh umat manusia di dunia ini. Kualitas diri bernilai bila kita bermanfaat bagi orang lain, dan tentu saja semua dilakukan dengan hati yang tulus, tanpa pamrih apa pun.

Marilah kita menjadi manusia berkualitas dengan mengabdikan semua yang kita miliki: harta, waktu, kepintaran, bakat, dan lain sebagainya, bagi orang-orang lain di sekitar dengan tujuan untuk menyenangkan, membuat mereka menjadi lebih pandai dan terampil, atau memberdayakan mereka.

Tidak ada komentar: