Kamis, 19 Mei 2011

Karakteristik Manusia Besar [SKDAG726]

Manusia besar memiliki dua hal berikut:
(1) mampu memberi pada saat kekurangan, dan
(2) memaafkan musuhnya.
(John C. Maxwell)

Manusia selama hidupnya di dunia dipenuhi oleh kedagingan, yaitu segala nafsu jelek yang ada dalam dirinya. Hal ini lah yang menyebabkan manusia menjadi manusia yang egois, tidak mampu menguasai diri, ingin menang sendiri, dan lain-lain.

Tetapi kita juga perlu menyadari bahwa setiap manusia memiliki hati nurani atau budi di dalam dirinya. Hal inilah yang mendorong manusia untuk melakukaan tindakan yang benar dan sesuai dengan keinginan Tuhan.

Menurut John C. Maxwell, manusia yang besar memiliki dua hal yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh manusia biasa. Hal tersebut adalah (1) mampu memberi pada saat kekurangan, dan (2) memaafkan musuh. Manusia besar mampu mengatasi kedagingan yang ada di dalam dirinya, sehingga pada saat kekurangan pun ia masih mampu untuk memberi, padahal orang lain akan memberi pada saat kelebihan. Selain itu manusia besar pun mampu memaafkan musuhnya; dalam hal ini ia tidak memiliki dendam sedikit pun.
Apakah kita sanggup melakukan hal tersebut, sehingga kita layak untuk dianggap sebagai manusia besar? Mari kita terus berusaha …

Tidak ada komentar: