Jumat, 27 Mei 2011

Kerendahan Hati [SKDAG729]

Kerendahan hati menunjukkan kekuatan. Hanya orang yang berjiwa kuat dapat bersikap rendah hati, sehingga mau mengakui dan menghargai keunggulan orang lain.

Banyak orang yang tidak mau mengakui keunggulan dan kelebihan orang lain; bahkan ada orang yang berani melakukan perbuatan yang licik untuk menjatuhkan orang tersebut atau mencegahnya memperoleh keberhasilan. Orang seperti ini jelas sangat egois, menganggap dirinya yang terbaik dan tidak mau mengakui keunggulan orang lain.

Kita harus ingat bahwa di atas langit masih ada langit; janganlah pernah merasa bahwa diri kita yang paling hebat. Ingat juga bahwa setiap manusia memiliki keunggulan masing-masing dan tidak ada seorang manusia pun yang unggul di segala bidang. Mungkin ia unggul dalam suatu bidang tertentu, tetapi tentu saja hal ini pun tidak berlangsung untuk selamanya, karena tidak lama lagi akan ada orang yang memiliki teknik atau pengetahuan baru, sehingga orang ini sekarang menjadi lebih unggul lagi.

Janganlah iri bila melihat ada orang lain yang lebih unggul atau lebih baik daripada diri kita. Milikilah kerendahan hati dan jadikanlah orang itu teladan bagi diri kita; jangan segan-segan untuk mencontoh dan belajar dari orang tersebut. Janganlah segan untuk belajar dari orang lain, tanpa memandang umur, kedudukan, suku bangsa atau apa pun juga, karena hal inilah yang membuat diri kita menjadi semakin maju dan semakin baik.

Tidak ada komentar: