Selasa, 23 November 2010

Tumbuh dan Berguna! [SKDAG215]

Hidup yang berhasil berarti BERTUMBUH. Dengan demikian kita tidak pernah menjadi TUA. Tetap menjadi orang berguna membuat kita tetap muda (anonim).

Salah satu bentuk perubahan adalah pertumbuhan. Adanya pertumbuhan menunjukkan bahwa selalu ada yang baru dan berkembang, dengan kata lain hal ini menunjukkan tidak ada yang pernah menjadi tua. Coba anda bayangkan bila pohon-pohon di sekeliling anda tidak bertumbuh lagi, tidak ada daun yang baru, tidak ada bunga dan buah; apa yang terjadi? Lama-lama pohon itu akan mati, karena semua daun rontok, bunga melayu, dan buah menjadi busuk.

Hal yang sama juga terjadi pada organisasi; setiap organisasi yang bertumbuh perlu terus melakukan regenerasi untuk membentuk pemimpin-pemimpin generasi mendatang; organisasi ini tidak pernah tua, yang menjadi tua adalah personelnya, dan mereka harus siap mundur untuk digantikan oleh generasi muda.

Bila ada pimpinan yang tidak mau turun dari posisinya menunjukkan bahwa organisasi tersebut sudah alot dan tua. Pimpinan lama seringkali sudah mengalami kejenuhan sehingga sulit melakukan inovasi baru. Bila kita telah mengalami kejenuhan, maka kita perlu mencari aktivitas baru yang menantang sehingga kita pun kembali mengalami pertumbuhan, menjadikan diri kita berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Semua hal ini menjadi kita tetap muda (dalam semangat).

Marilah kita terus bertumbuh dengan selalu melakukan inovasi, mau belajar berbagai hal baru dan menerapkannya. Selain itu kita perlu juga menjadi berguna bagi diri sendiri, orang lain, negara, atau alam semesta, sehingga semua hal ini membuat kita tetap bersemangat dan terus merasa muda. Amin ...

Tidak ada komentar: