Senin, 22 November 2010

Karakteristik Waktu [SKDAG651]

Waktu itu gratis, tetapi tidak ternilai harganya. Kita tidak dapat memilikinya, tetapi dapat menggunakannya. Bila kita kehilangannya, maka kita tidak dapat memperolehnya lagi.

Banyak hal di dunia ini yang bersifat relatif, salah satunya adalah waktu. Kadang-kadang waktu itu tidak berharga sehingga kita buang-buang dengan percuma, tetapi di lain waktu ia berharga sangat mahal sehingga kita tidak mau kehilangannya. Kadang-kadang waktu kita biarkan berlalu dengan begitu cepat dan mudah tetapi seringkali juga waktu itu terasa lama sekali berjalannya.

Ada juga yang menganalogikan waktu itu dengan aliran sungai. Saat kita memegang air sungai maka kita tidak dapat menyentuh air itu lagi karena ia sudah mengalir dan berbaur dengan yang lainnya, demikian juga dengan waktu setelah kita lalui maka kita tidak dapat meraihnya kembali. Air dan waktu yang sudah mengalir telah berlalu, kita tidak dapat mengulanginya lagi, karena itu hendaknya kita memanfaatkannya dengan sebaik mungkin agar tidak menyesal pada masa mendatang.

Setiap saat waktu berlalu, saat kita bengong maka waktu telah terbuang percuma. Marilah setiap saat kita manfaatkan waktu secara produktif; pikirkanlah berbagai hal positif yang dapat berguna bagi diri sendiri, orang lain, dan juga alam semesta. Sediakan waktu untuk menindaklanjuti ide dari pikiran kita tersebut agar menjadi suatu tindakan nyata. Tetapi di sisi lain kita juga membutuhkan waktu untuk beristirahat, misalnya tidur untuk menyegarkan fisik dan pikiran kita, lalu berdoa untuk memberikan kesegaran kepada rohani kita.

Tidak ada komentar: