Selasa, 02 November 2010

Pengembangan Diri [SKDAG206]

KENDALIKAN nafsu dalam dirimu, KEMBANGKAN talenta yang TUHAN berikan.
Hal ini akan membentuk dan menghasilkan anda yang luar biasa pada masa mendatang.

Kepribadian merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan seseorang. Tanpa kepribadian yang baik, seseorang sulit untuk mendapat dukungan dari teman-temannya, sebagai akibatnya keberhasilan pun menjauh darinya. Karena itu marilah kita mengembangkan diri, dalam arti kata meningkatkan kepribadian, agar kita menjadi manusia yang luar biasa.

Salah satu faktor terpenting yang harus kita kendalikan adalah nafsu atau emosi. Manusia menjadi lupa daratan pada saat emosi melanda dirinya, misalnya orang yang marah cenderung untuk bertindak kasar dan berteriak dengan kata-kata kotor; saat itu ia melupakan posisi dan kedudukannya, yang penting hanya melepaskan emosinya secara negatif. Nafsu yang tak terkendali jelas akan menyakitkan dan mengecewakan orang lain, dan hal ini pun memberikan dampak negatif kepada diri kita sendiri.

Selain menghindari hal-hal yang negatif, kita pun terus mengembangkan berbagai talenta positif yang telah Tuhan berikan, misalnya kemampuan untuk bernyanyi dapat digunakan untuk menghibur orang banyak, bakat menulis dapat digunakan untuk memberitakan kabar gembira kepada semua orang, dan lain sebagainya. Bila talenta tersebut kita gunakan secara positif, maka maknanya bukan hanya untuk si penerima, tetapi kita pun mendapatkan perasaan senang dan terdorong untuk terus mengembangkan talenta tersebut lebih baik lagi.

Nah ... dengan demikian, kita pun berubah menjadi manusia yang luar biasa, dan siap untuk menghadapi masa depan yang cerah. Selalu optimis dan positif karena banyak hal yang dapat kita lakukan dan kerjakan sekarang, serta banyak hal yang dapat kita raih pada masa mendatang. Amin ...

Tidak ada komentar: