Minggu, 07 November 2010

Mari Lakukan Sinergi [SKDAG645]

Saya dapat melakukan yang tidak dapat kamu lakukan, kamu dapat melakukan yang tidak dapat saya lakukan, tetapi kita bersama dapat melakukan hal-hal yang lebih besar daripada yang dapat kita lakukan sendiri-sendiri (Mother Theresa).

Sinergi itu berarti 1 + 1 > 2, sinergi memberikan efek bola salju bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Hasil dari sinergi melebihi dari total hasil yang diperoleh dari setiap individu; hal ini dapat dianalogikan demikian dengan sapu lidi. Satu batang sapu lidi dapat dipatahkan dengan mudah, misal dengan tenaga sebesar x, tetapi bila dua puluh batang sapu lidi diikat menjadi satu, maka untuk mematahkannya dibutuhkan tenaga lebih dari 20x.

Sinergi merupakan kebiasaan ke-6 untuk menjadi manusia yang sangat efektif, menurut Steven Covey dalam buku “The Seven Habits of Highly Effective People”. Sinergi dibutuhkan untuk menghasilkan public victory. Jadi untuk menghasilkan sinergi, kita tidak dapat bekerja sendiri, tetapi membutuhkan orang lain untuk diajak bekerja sama.

Hal yang sama pun dikatakan oleh ibu Theresa, setiap orang unik dan memiliki kelebihan masing-masing, dan bila kelebihan yang ada pada diri beberapa orang ini digabungkan maka hasilnya menjadi luar biasa, menghasilkan suatu sinergi. Bila suami memiliki bisnis dan penghasilan yang baik untuk menghidupi keluarga, maka istri dapat konsentrasi untuk mengurus rumah tangga; dengan sinergi dari keduanya maka akan menghasilkan keluarga yang baik dan sehat.

Jadi marilah kita melihat orang lain dari sisi positifnya, sehingga kita dapat melihat kelebihannya. Hal ini merupakan langkah awal untuk membentuk sinergi, baik dalam pekerjaan atau pun lingkungan sosial. Bentuklah sinergi untuk memberikan hasil yang jauh lebih besar ….

Tidak ada komentar: