Kamis, 11 November 2010

Kehidupan dan Waktu … [SKDAG647]

Jangan tinggal di masa lalu,
Jangan mimpi tentang masa depan,
Tetapi berdirilah pada masa sekarang (Budha).

Waktu selalu berjalan dalam kehidupan kita; ada masa lalu, masa sekarang, dan masa depan, yang masing-masing memberi makna tersendiri bagi kehidupan kita. Masa lalu meninggalkan kenangan, ada yang indah tetapi ada juga yang tidak menyenangkan; yang perlu kita ingat adalah bahwa semua itu telah berlalu, jadi kita tidak perlu terus bersukacita atau selalu kuatir atas hal tersebut. Kita tidak boleh tinggal di masa lalu, semua sudah tidak dapat diubah lagi; kita mendapat pengalaman dari berbagai peristiwa tersebut dan marilah kita mengambil makna positifnya.

Banyak juga orang yang kuatir akan masa depan, padahal mau tidak mau akhirnya saat itu akan datang juga. Masa depan tidak dapat kita tentukan secara pasti, semua tergantung pada tindakan kita saat ini. Karena itu yang menjadi fokus kita adalah masa sekarang, lakukan perbuatan yang positif dan bermakna baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain dan lingkungan, lalu kita juga perlu terus belajar dan mengembangkan diri, serta tidak lupa untuk berserah kepada kehendak Tuhan.

Masa lalu menjadi pedoman untuk tindakan kita sekarang, dan hasilnya akan menentukan masa depan kita. Sudahkan kita melakukan yang positif saat ini? Mari kita lakukan … sekarang juga.

Tidak ada komentar: