Rabu, 10 November 2010

Jadilah Tetap Muda! [SKDAG209]

Tua bukan ditentukan usia; tua berarti orang yang tidak mau belajar lagi.
Hal terbesar dalam hidup ini adalah menjaga agar otak/pikiran kita tetap muda (Henry Ford).

Menjadi tua memang suatu yang alami, karena usia kita selalu bertambah. Tetapi banyak orang yang berusaha menyangkal proses alami ini dengan menjaga agar penampilannya tetap muda, misalnya dengan menghilangkan kerut di wajah, operasi plastik, dan lain-lain. Menjaga penampilan agar kelihatan tetap muda tentu saja baik, tetapi kita juga harus sadar bahwa lama-lama memang kita menjadi tua secara fisik, wajah mulai keriput, fisik melemah, mungkin tubuh membungkuk dan lain sebagainya (janganlah menjadi tidak alami seperti foto di sebelah ....)..

Tubuh boleh tua, tetapi pemikiran kita tetap harus muda. Jadi yang dimaksud dengan muda disini bukanlah tentang fisik, tetapi tetap up-to-date dalam pemikiran dan ide; hal ini hanya dimungkinkan bila kita terus dan selalu belajar. Orang yang tidak mau belajar lagi berarti otak atau pikirannya tidak mau ditambah atau diubah lagi, dengan perkataan lain sebenarnya ia memiliki pikiran yang sudah tua atau ’kolot’.

Bila dilihat ternyata ada korelasi antara otak atau pikiran dengan fisik. Otak atau pikiran yang selalu dipakai, sehingga tetap muda, membuat tubuh pun tetap sehat dan tidak mudah sakit, karena saat pikiran kita aktif, maka kita pun melupakan berbagai hal yang negatif. Sebagai contoh bila ada seseorang yang pensiun dari pekerjaannya, lalu bila ia terkena ’post-power syndrome’ dan menjadi kecewa sehingga ia terus mengurung diri di kamar, maka dalam waktu beberapa bulan saja ternyata ia mulai pikun, fisiknya melemah, dan menjadi jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Tetapi bila setelah pensiun ia tetap aktif, misalnya dengan memelihara tumbuhan atau binatang atau tetap aktif bekerja di tempat lain, maka ternyata ia tetap sehat dan terus memiliki semangat.

Jadi jangan sia-siakan pikiran kita, terus pakai dan gunakan untuk berbagai hal yang positif, karena semua ini membuat kita tetap muda. Ada istilah ”tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi”; marilah kita lihat hal tersebut secara positif, bila otak kita terus dipakai maka semakin tua kita pun menjadi semakin pintar dan semakin menjadi bijak. Menjadi tua itu alami, tetapi menjadi pintar perlu belajar.

Tidak ada komentar: