Minggu, 21 November 2010

Diri Sendiri yang Menentukan! [SKDAG214]

Perlu bantuan untuk sukses? Berdoalah, lalu lihat ke cermin !
Itulah orang yang dapat menolongmu untuk meraih sukses.
Percayalah pada Tuhan dan pada orang itu!

Memang banyak faktor yang menentukan kesuksesan kita, tetapi ada dua faktor yang utama yaitu Tuhan dan diri kita sendiri. Faktor luar, seperti orang lain dan lingkungan, hanyalah faktor pendukung; ada lebih baik, tetapi bila tidak ada pun tidak apa-apa. Jadi janganlah mengharapkan kesuksesan dari pihak lain, apalagi dari hal-hal yang di luar logika kita, misalnya dari tempat kramat seperti Gunung Kawi atau kekuatan gaib dari dukun dan lain sebagainya. Faktor-faktor dari luar hanya bersifat sementara dan tidak menetap.

Semangat untuk sukses harus dimulai dari dalam diri kita sendiri; tanpa motivasi internal maka semuanya hanyalah mimpi. Tentukan target yang kita ingin capai sesuai dengan kemampuan dan bakat yang kita miliki; lebih baik bila hal ini dibuat secara tertulis dengan batas waktu yang jelas. Buat perencenaan untuk mencapai target tersebut, lalu segeralah melakukan tindakan untuk mulai mewujudkannya.

Agar tetap bersemangat, maka kita pun perlu terus menyemangati diri sendiri dengan jalan berkata kepada diri sendiri. Lebih baik lagi bila kita berbicara di depan cermin, dan berikan kata-kata positif untuk diri anda yang ada di hadapan cermin tersebut! Selain itu jangan lupa untuk berdoa, berserah dan mohon petunjuk dari Tuhan agar semua rencana yang telah kita susun dapat terwujud sesuai dengan rencana-Nya. Amin …

Tidak ada komentar: