Jumat, 19 November 2010

Kesan lebih penting … [SKDAG650]

Peristiwanya tidaklah penting, yang paling penting adalah cara kita memandang peristiwa tersebut (I Ching).

Seringkali kita gembira atas peristiwa yang menyenangkan, tetapi di saat lain kita sedih atau kecewa terhadap peristiwa yang lain. Sebenarnya peristiwa tersebut bersifat netral, yang menimbulkan perasaan positif atau negatif itu adalah kesan yang ada di dalam hati dan pikiran kita. Misalnya waktu anda sedang mengendarai mobil, kemudian ada mobil lain yang mendahului dan langsung memotong, bagaimanakah perasaan anda? Bila anda berpikir “kurang ajar orang itu”, maka anda menjadi marah dan mungkin anda segera memacu kendaraan untuk menyusul kembali mobil tersebut. Tetapi bila kita berpikir “mungkin orang itu sedang sakit perut atau mau mengantar saudaranya ke rumah sakit”, maka anda tidak bereaksi apa-apa dan membiarkan mobil itu berlalu.

Dampak lain dari hal ini adalah kita dapat mengendalikan diri, karena perasaan kita tidak dikendalikan lagi oleh peristiwa yang terjadi, tetapi biarlah kita yang memberi kesan positif terhadap setiap peristiwa tersebut. Hal ini membuat perasaan kita menjadi selalu bahagia dan penuh sukacita.

Bagaimana kesan anda terhadap gambar di atas? Anak yang kurang ajar atau lucu; semua ditentukan oleh kesan yang kita olah …

Tidak ada komentar: