Selasa, 09 November 2010

Lakukan yang Positif dan Jangan Menyerah! [SKDAG646]

Pilihlah mencintai bukan membenci,
Pilihlah tertawa bukan menangis,
Pilihlah untuk menyembuhkan, bukan melukai,
Pilihlah untuk memberi bukan mencuri.
(O Mandino)

Pada umumnya hal negatif lebih mudah masuk ke dalam pikiran dan menjadi tindakan kita dibandingkan dengan hal yang positif. Karena itu untuk menjadi manusia yang luar biasa kita perlu berbeda, dan memilih hal-hal yang positif untuk kita laksanakan. Untuk melakukannya memang tidak mudah, tetapi dengan proses belajar dan belajar lagi, maka dalam jangkan panjang kita pun dapat melakukannya.

Bila ada orang yang menyakiti, janganlah membencinya tetapi pilihlah untuk tetap mencintainya. Pada saat kita mengalami kegagalan, janganlah menangis, tetapi tertawalah dan bersukacitalah sehingga kita dapat belajar dari kegagalan tersebut. Saat kita disakiti janganlah berusaha untuk membalas dengan melukai orang tersebut, tetapi pilihlah untuk menyembuhkannya dapat belajar dari kegagalan tersebut. Saat kita disakiti janganlah berusaha untuk membalas dengan melukai orang tersebut, tetapi pilihlah untuk menyembuhkannya karena dia sedang menderita sakit, sehingga tindakannya menjadi tidak normal. Dan dalam kekurangan pun janganlah terdorong untuk mencuri, tetapi tetaplah memberi kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Masih banyak hal positif yang dikemukan oleh O Mandino, yaitu : pilihlah untuk bertindak bukan untuk menunda, pilihlah untuk bertumbuh bukan membusuk, pilihlah untuk berdoa bukan menyumpahi, dan pilihlah untuk hidup bukan meninggal.


Masih banyak hal positif yang dapat diungkapkan, tetapi yang terpenting mulailah sekarang juga dari dalam diri sendiri. Prinsipnya adalah “Do it, don’t quit!”, berpikir dan melakukan yang positif, jangan menyerah walaupun memang tidak mudah!

Tidak ada komentar: