Kamis, 25 November 2010

Ambil Kesempatan dengan Bijaksana! [SKDAG216]

Manfaatkan setiap kesempatan yang ada karena ia hanya datang satu kali.
Namun perhatikan keadaan sekitar, sebelum memutuskan untuk mengambil suatu tindakan.

Setiap saat kita harus mengambil keputusan untuk menentukan tindakan apa yang harus kita lakukan, misalnya keputusan yang mudah ”Hari ini saya mau pakai baju biru atau merah?”, kemudian ada juga keputusan yang menentukan masa depan, misalnya “Apakah saya perlu memutuskan hubungan dengan dia?”.

Ada juga keputusan yang terkait dengan kesempatan yang ada di hadapan kita, misalnya saat seorang teman mengajak anda untuk bekerja sama, maka anda perlu segera memutuskan apakah mau menerima kesempatan tersebut atau tidak. Tentu saja untuk membuat keputusan tersebut tidak mudah, kita perlu mempertimbangkan berbagai faktor, misalnya bakat dan minat yang kita miliki terkait dengan kesempatan yang ada. Bila kita memiliki bakat, maka jangan ragu-ragu untuk segera mengambil kesempatan tersebut; kita hanya perlu mengatasi ketakutan dan keraguan yang ada di dalam diri kita. Tetapi bila kemampuan kita kurang sesuai dengan kesempatan yang ada, maka kita perlu menganalisis lebih dahulu, bila kemampuan untuk meraih kesempatan tersebut dapat kita pelajari maka ambil kesempatan yang ada dan segera tingkatkan kemampuan. Saat kita kecil kita berani mengambil kesempatan untuk belajar berjalan, walaupun dengan resiko jatuh, sakit dan terluka. Tetapi dengan latihan dan usaha terus menerus, maka kita pun dapat berjalan dengan baik.

Tetapi bila kesempatan yang ada memang terlalu beresiko, artinya walaupun kita telah berusaha maksimal tetapi kecil kemungkinan untuk mendapatkan manfaatnya, maka kita pun harus berani meninggalkan kesempatan tersebut. Kesempatan memang tidak datang dua kali, tetapi kita perlu kebijaksanaan untuk meraih kesempatan tersebut.

Tidak ada komentar: