Sabtu, 19 Juni 2010

Procrastination [SKDAG145]

Salah satu sifat buruk kita adalah PROCRASTINATION (menunda-nunda pekerjaan). Perbaikilah segera. Jangan sampai kamu menunda pertobatan, karena kamu tidak akan mendapat kehidupan kekal.

Procrastination itu adalah menunda-nunda pekerjaan, yang jelas merupakan suatu kebiasaan buruk. Semua manusia memiliki waktu yang sama, yaitu sebanyak 24 jam.Tetapi mengapa ada orang yang merasa kekurangan waktu walaupun ternyata ia tidak banyak melakukan hal yang berguna, sebaliknya ada orang lain yang mampu membagi waktu di antara kegiatannya yang beragam. Kuncinya jelas adalah bagaimana kita mengelola waktu secara efektif.

Salah satu hal yang harus kita buang adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, yang merupakan salah satu wujud dari kemalasan. Bila kita sudah tahu ada tugas penting yang harus diselesaikan pada beberapa hari mendatang, maka usahakanlah kita menyelesaikannya sesegera mungkin selagi kita memiliki waktu saat ini. Bila ditunda, mungkin menjadi masalah, karena kita tidak tahu ada kegiatan penting apa yang perlu kita lakukan besok atau lusa. Akibatnya tumpukan pekerjaan yang tertunda akan semakin menumpuk, dan kita sendiri yang menjadi stress menghadapinya. Ingat bahwa kerja keras memberikan dampak pada masa mendatang, sedangkan dampak dari kemalasan kita rasakan saat ini juga.

Janganlah berandai-andai bahwa besok juga kita memiliki banyak waktu sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan nanti saja, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Fokus kita adalah segera melakukan tugas yang penting saat ini juga, jangan ditunda lagi.

Di sisi lain, janganlah menunda untuk melakukan perbaikan diri, terutama dalam melakukan pertobatan atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita buat. Bila sebelum bertobat kita meninggal dunia, maka tempat kita tentu saja bukan di Surga ... Karena itu lakukan segera semua hal, terutama yang baik, sekarang juga agar tidak menyesal di kemudian hari. Amin ...

Tidak ada komentar: