Kamis, 24 Juni 2010

Berserah dan Berusaha … [SKDAG584]

Percayailah Allah untuk menyingkirkan gunung persoalan Anda, namun jangan letih untuk tetap berusaha (Eliza Tabor)

Dalam menghadapi masalh, kita perlu terus untuk berusaha dengan segala cara untuk menyelesaikannya; kita tidak boleh gampang menyerah, tetapi perlu menggunakan seluruh tenaga, pikiran, dan upaya.

Tetapi seringkali saat kita telah berusaha mati-matian, ternyata usaha kita itu tidak berhasil. Hal ini menyebabkan beberapa orang menjadi frustasi dan marah kepada Tuhan karena menganggap Tuhan tidak mengasihi dirinya, bahkan menganggap Tuhan membencinya. Jelas hal ini tidak benar, karena Tuhan mengasihi semua umat manusia. Dia tidak memiliki suku bangsa, agama, atau pribadi favorite yang menjadi kesukaannya, dan ia juga tidak memiliki suku bangsa, agama, atau pribadi yang tidak disukai-Nya. Semua manusia sama di mata Tuhan, memang Dia menciptakan manusia unik dan memberikan talenta yang berbeda-beda pada setiap orang.

Saat semua usaha kita membentur tembok, itulah saatnya untuk berserah kepada Tuhan, artinya kita menerima kehendakNya dan tidak mengutamakan keinginan kita pribadi. Kita harus percaya bahwa rencana Tuhan itu selalu indah dan tepat pada waktunya; rencanaNya jelas jauh lebih baik daripada seluruh rencana kita.

Sebagai umatNya yang setia, maka kita perlu berserah kepada kehendakNya, tetapi jelas hal ini bukan menyerah. Kita tetap berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan masalah dan mewujudkan cita-cita, tetapi kita harus menyesuaikannya dengan kehendak Tuhan. Amin …

Tidak ada komentar: