Selasa, 22 Juni 2010

Beri Kepercayaan ... [SKDAG146]

Janganlah berpikir bahwa kamu adalah Atlas yang memanggul bumi di pundakmu. Bumi tetap berputar tanpa kamu, karena itu jangan anggap dirimu terlalu penting.

Salah satu faktor yang menyebabkan kita kekurangan waktu adalah karena kita tidak memberikan kepercayaan kepada orang lain, terutama anak buah kita, untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya tidak perlu kita lakukan. Seorang pemimpin yang baik tidak harus mengerjakan segala sesuatu sendiri; ia memiliki anak buah yang dapat diberi tanggung jawab dan kepercayaan untuk melakukan tugas tersebut.

Memang betul waktu pertama kali melakukannya, hasil pekerjaan anak buah kita tidak sempurna. Tetapi percayalah dengan berjalannya waktu maka ia pun akan menjadi semakin mahir, sehingga suatu saat ia dapat melakukannya dengan sempurna. Bila kita tidak pernah memberi kesempatan, maka ia pasti tidak berkembang dan tidak dapat melakukan hal itu dan hal lain yang lebih penting adalah kita menjadi terlalu sibuk dengan tugas-tugas yang tidak terlalu penting.

Seorang pemimpin yang baik hendaknya jangan berpikir bahwa organisasi tidak dapat berjalan tanpa dirinya sehingga ia yang melakukan semuanya. Hal ini merupakan suatu kesalahan besar yang dilakukan oleh orang yang tidak mengerti manajemen dan tidak mau memberdayakan anak buahnya. Karena itu janganlah menganggap diri kita terlalu penting, tetapi berilah kepercayaan kepada anak buah kita.

Nikmatilah hal tersebut dan lihatlah hasil pekerjaan anak buah anda yang ternyata tidak kalah dengan pekerjaan yang kita lakukan sendiri. Gunakan waktu yang dapat kita sisihkan untuk melakukan hal lain yang lebih berguna dan lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar: