Rabu, 16 Juni 2010

Kenali Semuanya … [SKDAG581]

Kenalilah musuhmu, kenali diri sendiri, maka kamu akan dapat memenangkan 100 pertempuran. Kenali bumi dan kenali langit, maka kemenanganmu menjadi lengkap (Sun Tzu)

Kalimat “Kalau kenal, maka akan sayang, dan bila sudah sayang maka tidak akan lupa lagi” merupakan kalimat yang sering kita dengar dan menunjukkan betapa bergunanya untuk mengenali seseorang atau sesuatu. Nah prinsip ini sudah diterapkan oleh Sun Tzu, seorang ahli strategi perang dari China sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Salah satu strategi perang Sun Tzu adalah perlunya kita untuk mengenali musuh dan mengenali diri sendiri agar kita dapat memenangkan pertempuran tanpa pernah kalah. Maksudnya adalah kita perlu mengetahui kelemahan dan kekuatan dari musuh serta mengetahui keunggulan dan kekurangan diri sendiri. Dengan mengetahui kedua kombinasi ini maka kita dapat memanfaatkan keunggulan diri sendiri untuk menyerang kelemahan musuh, mengatasi kekurangan diri sendiri serta menghindari dan mengatasi kekuatan musuh.

Selain itu juga Sun Tzu menekankan pengenalan akan bumi dan langit agar kita memperoleh kemenangan yang sempurna; yang dimaksud dengan langit tidak lain adalah Tuhan atau alam, dan yang dimaksud dengan bumi adalah lingkungan tempat terjadinya pertempuran itu. Maksudnya dengan mengetahui situasi tempat terjadinya pertempuran dan kondisi alam atau musim saat itu, maka kita dapat melakukan persiapan yang tepat sehingga dapat memenangkan pertempuran dengan mudah.

Nah marilah kita lakukan prinsip ini dalam situasi kehidupan sehari-hari, berkaitan dengan hubungan antar manusia, agar kita dapat menciptakan hubungan harmonis dengan sesama.

Tidak ada komentar: