Jumat, 25 Juni 2010

Procrastination (2) [SKDAG147]

Agar tidak kehabisan waktu, jangan tunda tugas yang dapat kamu lakukan sekarang. Karena akan membuat pekerjaan besok lebih sulit. Selesaikan pekerjaanmu sesuai jadwal.

Bila kita melakukan procrastanation (menunda pekerjaan), maka kita hanya memindahkan waktu pelaksanaan pekerjaan tersebut ke hari mendatang. Padahal pekerjaan di hari-hari mendatang pun pasti ada juga, akibatnya kita akan mengalami penumpukan pekerjaan.

Karena itu marilah kita waktukan manajemen waktu dengan baik, tugas yang penting kita lakukan sebelum menjadi mendesak, tetapi lakukan saat ini juga. Misalnya kita harus membuat laporan untuk minggu depan, maka buatlah laporan tersebut mulai sekarang agar nanti sorea atau besok pagi sudah selesai.`Bayangkan bila kita menundanya sampai hari terakhir, maka tugas pembuatan laporan tersebut telah menjadi mendesak. Pekerjaan yang dilakukan saat kita terdesak, tidak memberikan hasil optimal karena keterbatasan waktu.

Jadi pilihlah tugas penting dan lakukan sekarang tanpa melakukan penundaan. Penundaan tidak menyelesaikan masalah tetapi hanya menggeser masalah dan menimbulkan penumpukan pekerjaan. Sebaliknya pekerjaan yang tidak penting, seperti bermain games, dapat kita tunda sampai semua pekerjaan selesai.

Tidak ada komentar: