Sabtu, 19 Juni 2010

Pembusukan … [SKDAG582]

Pembusukan diawali ketika pertumbuhan terhenti, maka jangan pernah terlena dan teruslah bertumbuh menjalar ke sekitar agar mampu mempengaruhi (Julie Ackerman Link)

Selama pohon terus bertumbuh berarti suplai makanan selalu tersedia sehingga ia dapat tumbuh menjadi semakin tinggi dan semakin besar. Tetapi saat ia berhenti bertumbuh karena tidak ada lagi suplai makanan, maka ia menjadi ‘mandeg’ dan setelah itu malah terjadi pembusukan.

Hal yang sama terjadi dalam kehidupan kita, bila kita berhenti belajar dan mencari sesuatu yang baru, maka kita menjadi ‘mandeg’ dan kemudian mengalami pembusukan. Kita menjadi ketinggalan jaman, karena semua yang ada di sekitar kita berubah, dan bila kita tidak mengikuti perubahan maka kita pun mati.

Agar kita dapat terus bertumbuh, maka kita perlu makanan, udara, berolah raga, dan terus belajar. Dengan demikian kita dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, dan bila perlu kita yang memberi pengaruh terhadap lingkungan, yaitu dengan membagikan pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki kepada orang-orang lain. Marilah kita menjadi aktor perubahan (agent of change), bukan kurban perubahan.

Tidak ada komentar: